Kamis, 21 Oktober 2010

manusia dan budaya





Manusia dalam ilmu kebudayaan, dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk saling mendukung  satu sama lain serta tolong menolong . Sedangkan kebudayaan, d jelaskan berdasarkan pengetahuan, kepercayaan,kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kegiatan yang biasa mereka lakukan .

Hubungan antara manusia dengan  kebudayaan menurut beberapa tokoh ;

  Menurut selo soemardjan dan solaeman soemardi merumuskan bahwa kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Dan kondjaraningrat mengatakan, bahwa kebudayaan antara lain berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi pekertinya

Adapun beberapa unsur kebudayaan secara umum ;

1 . sistem realigi atau sistem kepercayaan .
2 . sistem organisasi kemasyarakatan .
3. sistem pengetahuan .
4. sistem teknologi .
5.sistem kesenian ataupun bahasa .


Menurut GKluckhohn dalam karyanya Variations in Value Orientation (1961) sistem nilai budaya dalam semua kebudayaan di dunia, secara umum menyangkut lima masalah pokok kehidupan manusia, yaitu :

1. hakekat hidup manusia
2. hakekat karya manusia
3. hakekat waktu manusia
4. hakekat alam manusia
5. hakekat hubungan manusia

Dalam sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, yang berarti walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan. Manusia menciptakan kebudayaan, dan setelah kebudayaan itu tercipta maka kebudayaan mengatur hidup manusia agar sesuai dengannya dan keduanya menjadi satu kesatuan . Jadi, manusia dengan kebudayaan sangat erat hubungannya dengan adanya kebudayaan dalam lingkup kehidupan manusia . dengan kebudayaan manusia jadi lebih menghargai . lebih mengenal berbagai hal baru dari berbagai budaya yang ada d negara ini . dapat pula saling bertoleransi dalam berbagai hal . saling mendukung secara rohani maupun jasmani dan saling tolong menolong antar sesama .

                                                                                                                        Sumber . internet .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar